Saturday, December 19, 2009

Bandung Comtech 2008 - Mengenal dan Menjadi Teknopreneur

Kata enterpreneur bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing, tapi bagaimana dengan teknopreneur? Teknopreneur berarti orang yang bekerja dibidang teknologi dan istilah tersebut mulai muncul ketika internet mulai dikenal masyarakat.

Melahirkan teknopreneur-teknopreneur Bandung, itulah salah satu tujuan pelatihan UMKM dan industri kreatif berbasis IT yang diselenggarakan oleh Inkubator Inovasi Telematika Bandung (I2TB) pada Rabu(12/11/2008) dalam acara Bandung Comtech 2008 di BeMall.

"Tujuan kita selain sosialisasi program I2TB adalah memberi wadah untuk mengembangkan usaha di bidang teknologi," tutur Ferie Budiansyah selaku Direktur Program I2TB. "Menjadi seorang teknopreneur merupakan bidang yang sangat menjanjikan," tambah Ferie.

I2TB merupakan salah satu program Departemen Komunikasi Informatika (Depkominfo) dan baru akan dilaksanakan tahun ini. Bandung menjadi kota pertama pengaplikasian program tersebut. Ferie pun menjelaskan program I2TB berikutnya seperti program inkubasi selama dua tahun.

Menurut Ferie alasan memilih Bandung karena Bandung dianggap sebagai kota industri kreatif, "Bandung merupakan salah satu kota industri kreatif di Asia," tuturnya.

Sayangnya pelatihan yang diadakan di lantai UG BeMall ini hanya diikuti tidak lebih dari 20 orang dan semuanya mahasiswa yang berasal dari satu kampus yang sama. Padahal target awalnya adalah masyarakat umum, mahasiswa ataupun calon teknopreneur.

Namun, terlepas dari jumlah peserta yang tidak memenuhi target tidak menyurutkan antusias peserta yang datang. Hal itu bisa terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan memberikan motivasi tersendiri bagi pesertanya. Seperti yang diungkapkan oleh Herman salah satu peserta yang juga merupakan salah satu mahasiswa Unikom, "Saya termotivasi

untuk menciptakan produk tekhnologi," ungkap Herman yang ditemui usai acara. Acara ini akan berlanjut tanggal 22 November mendatang dengan materi mengenai business plan.

Sumber :
Dewi Purnamasari, mahasiswa Universitas Pasundan Bandung Jurusan Pendidikan Biologi Semester 3. Tulisan ini dibuat dalam kegiatan Sehari Menjadi Wartawan Detikcom di BeMall, 12-16 November 2008.(lom/lom)
http://bandung.detik.com/read/2008/11/12/195007/1035995/486/mengenal-dan-menjadi-teknopreneur
12 November 2008

1 comment: